Cara Melunasi Hutang Sepenuh Gunung Paling Cepat dan Terbukti Ampuh

Cara Melunasi Hutang Sepenuh Gunung Paling Cepat dan Terbukti Ampuh - Hutang adalah bagian kehidupan di masyarakat era modern sekarang, mulai dari hal hal terkecil sampai hal besar banyak dibeli dengan cara berhutang, kemudahan mengajukan sebuah oinjaman atau kredit barang-barang mjlai dari alat elektronik sampao kendaraan mobil bahkan rumah semua bisa di hutang dengan cara yang mudah dan tidak ribet, sehingga dengan kemudahan ini fenomena berhutang sudah menjadi gaya hidup masyatakat abad mileniel.

Hutang adalah bentuk pengikatan diri terhadap uang. Ketika anda memiliki hutang sementara anda tidak memiliki cukup kemampuan finansial, maka yang terjadi adalah anda serasa diikat. 



Bagaimana tidak, sekarang bayangkan jika anda memiliki hutang kepada si A, dan waktu pengambalian sudah jatuh tempo. Maka, apabila biasanya anda bertemu dengan A dengan hati tenang, kini anda akan merasa seolah ada hal yang menahan anda. Mengikat anda untuk tidak bertemu dengan orang - orang yang anda pinjami uangnya. 

Kekayaan yang menenangkan diri anda meski diperoleh dalam waktu yang lebih lama akan lebih berkesan daripada kekayaan dan kemewahan yang diperoleh dari hasil cicilan leasing. 


Berarti apakah saya tidak boleh berhutang? 


Sebaiknya jangan berhutang namun tidak berarti melarang. Anda tentu boleh berhutang apalagi dalam keadaan terdesak. Pertimbangkan dahulu sebelum meminjam uang dengan memperhatikan beberapa hal 


Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa hutang adalah sesuatu aib. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena banyak juga, dan mungkin hampir sebagian besar perusahaan membiayai perusahaannya dengan cara berhutang.

Akan tetapi memang tidak semua hutang bisa berakibat baik. Ada kalanya hutang justru bisa menjerumuskan dan membuat orang jadi tambah melarat.

Banyak faktor yang membuat orang gemar atau bahkan hobi berhutang, klo berhutang untuk menjadikan pertambahn modal mungkin ini sah-sah saja, tapi malangnya kebanyakan dari kita berhutang hanha untuk memenuhi gengsi dan kebutuhan hidup foya semata.

Lantas bagaimana solusinya, apabila terlilit hutang dan susah untuk melunasinya. Berikut adalah beberapa tips melunasi hutang yang bisa anda coba sebagai solusi untuk permasalahan tersebut :


Tips melunasi hutang yang sudah menumpuk dengan cepat


#1 Serius memikirkan hutang

Langkah pertama dalam melunasi hutang adalah dengan bersikap serius akan hutang-hutang yang dimiliki. Dengan sikap yang serius kita akan mengupayakan segala cara agar bagaimana hutang tersebut bisa lunas.

Jika sikap kita cenderung malas dan tidak semangat, justru akan semakin menambah bunga hutang, sehingga makin lama akan semakin menumpuk dan pasti akan membuat kita kesulitan melunasinya. Oleh karena sikap kita dalam berusaha melunasi hutang itu sangat penting.

#2 Membuat rencana pelunasan hutang

Dalam melunasi hutang, kita perlu membuat rencana pelunasan hutang. Misalnya hutang mana dulu yang perlu dilunasi, prioritaskan hutang yang sudah lewat tenggang waktu, agar tidak menambah bunga, sesuaikan juga dengan jumlah uang yang anda miliki, jangan membayar hutang dengan hutang, justru hal tersebut akan membuat anda semakin terjebak di dalam jerat hutang.

#3 Bersikap hemat dan berhenti menghabiskan uang untuk hal yang tidak berguna

Jika hutang sudah menumpuk, maka tidak ada cara lain untuk mengurangi pengeluaran dengan bersikap hemat dan menghentikan kebiasaan menghabiskan uang untuk hal yang tidak kita butuhkan.

Usahakan untuk selalu makan di rumah daripada makan diluar yang biayanya pasti lebih besar. Pergunakan uang jajan anda untuk anda tabung dan untuk melunasi hutang-hutang.

#4 Manfaatkan sebagian dari tabungan anda

Apabila kebutuhan untuk membayar hutang sudah mendesak dan anda merasa nyaman dengan mengeluarkan uang tabungan anda, maka anda bisa melakukan ide ini.

Tips melunasi hutang dengan memanfaatkan tabungan boleh-boleh saja dilakukan, asal tidak anda gunakan sepenuhnya, karena tabungan adalah bentuk simpanan untuk keadaan darurat

#5 Stop penggunaan kartu kredit

Jika penyebab hutang anda yang menumpuk adalah tagihan kartu kredit, maka tips melunasi hutang yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan penggunaan kartu kredit.

Pengguna kartu kredit seharusnya mengerti bahwa memegang kartu kredit turut menjaga kewajiban agar tidak menggunakan sesuka hati dan bersedia melunasi setiap tagihannya. Dengan berhenti menggunakan kartu kredit, anda sudah membuat langkah maju dalam melunasi hutang anda.

#6 Perbanyak pendapatan anda

Jika anda seorang pekerja kantoran dan kesulitan mendapatkan waktu untuk mendapatkan pendapatan lebih dari gaji yang anda terima setiap bulan, anda bisa mencoba menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai secara online, dari situ anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa anda manfaatkan untuk bayar hutang.

#7 Membuat daftar semua hutang

Kenapa membuat daftar hutang itu penting? Karena dengan adanya daftar tersebut, kita menjadi tahu berapa banyak hutang kita dan pos-pos mana saja yang paling banyak menyedot pendapatan bulanan kita.

Dari sini kita bisa menentukan berapa banyak uang yang diperlukan untuk membayar setiap hutang dan menentukan strategi apa yang bisa kita lakukan demi mendapatkan penghasilan tambahan untuk melunasi hutang-hutang tersebut.

#8 Jangan berhutang untuk membayar hutang

Tips cepat membayar hutang yang terakhir adalah jangan pernah anda berhutang untuk melunasi tunggakan hutang sebelumnya atau istilahnya gali lubang tutup lubang. Lunasi hutang anda terlebih dahulu, lalu jika terpaksa anda baru bisa mengambil hutang lain.

9. Gunakan Aset untuk Penyelesaian Utang

Cara melunasi utang yang bisa Anda gunakan pertama adalah pikirkan kepemilikan aset yang bisa Anda manfaatkan untuk membayar utang Anda. Pikirkan apakah Anda masih memiliki aset berupa tabungan, deposito, emas, tanah, perhiasan atau aset lain yang berharga dan bisa Anda gunakan untuk melunasi utang.

Mungkin Anda merasa sayang jika menjual aset yang Anda miliki untuk membayar utang. Tetapi, hal ini bisa Anda lakukan agar utang Anda berkuran atau bahkan lunas. Mulailah untuk menabung dan membangun aset kembali setelah seluruh utang Anda lunas.

2. Buat Daftar Prioritas Pembayaran

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat daftar prioritas utang-utang yang kamu miliki. Mulailah dari utang yang memiliki biaya atau bunga paling mahal. Setelah mengurutkan, mulailah membayar dengan menyelesaikan utang dengan bunga termahal terlebih dahulu.

3. Bernegosiasi dengan Pemberi Utang

Ketika sudah terlanjut terjebak utang. Jangan lari dari utang Anda. Cobalah temui pemberi utang, baik bank ataupun lembaga lain. Sampaikan kondisi keuangan Anda saat ini dengan jujur dan tunjukkan bahwa Anda masih beritikad untuk membayar utang Anda.

Jika memungkinkan, mintalah solusi dari pemberi utang Anda. Bernegosiasilah dengan pemberi utang.

4. Bekerjalah Lebih Keras

Bila tidak bisa mengurangi beban utang Anda secara bersamaan, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menambah kemampuan pembayaran Anda dengan menambah besar penghasilan. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa menambah penghasilan anda. Bekerjalah lebih keras dan lebih cerdas agar bisa memiliki penghasilan yang lebih.

5. Berhenti Menambah Utang

Jangan menambah utang Anda. Ada beberapa orang yang memilih untuk membuat utang baru demi membayar utang sebelumnya. Pada dunia keuangan, terdapat strategi refinancing dimana Anda membayar utang lama dengan utang baru yang bianya lebih murah.

Namun, bila yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu utang baru Anda memiliki biaya yang sama mahal atau bahkan lebih mahal dari yang sebelumnya. Hal ini membuat Anda menambah beban pada diri Anda. Bukannya utang Anda berkurang, tetapi malah bertambah.

Yang paling penting yang harus Anda pikirkan adalah bagaiamana cara anda untuk melunasi utang Anda. Jangan mengambil jalan yang malah semakin menyusahkan Anda atau menambah utang Anda.

Itulah Cara Melunasi Hutang Sepenuh Gunung Paling Cepat dan Terbukti Ampuh yang sebaiknya anda coba terapkan dengan baik dan sungguh-sungguh, butuh komitmen kuat dalam diri anda dan juga perjungan yang butuh waktu untuk menyelsaikan hutang-hutang anda. 

Mulailah hidup dengan penuh perhitungan, salam lunas dan salam bebas hutang.

Artikel Menarik :
Loading...

1 Response to "Cara Melunasi Hutang Sepenuh Gunung Paling Cepat dan Terbukti Ampuh"

  1. Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Artikel Pilihan :
Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Baca juga :
Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel